Neuropsikologi klinis adalah sub-spesialisasi psikologi klinis yang mengkhususkan diri dalam penilaian diagnostik dan pengobatan pasien dengan cedera otak atau defisit neurokognitif.

Biasanya, seorang neuropsikolog klinis akan mengadakan gelar dalam psikologi klinis lanjutan (di sebagian besar negara, ini memerlukan tingkat kualifikasi doktor: Ph.D., Psy.D., atau MD) dan akan menyelesaikan studi lanjut dalam neuropsikologi, atau dalam beberapa negara, neurologi.

Di Amerika Serikat, neuropsychologist adalah seorang psikolog klinis atau konseling yang, di samping menyelesaikan gelar Doktor di Psikologi, juga menyelesaikan Magang Klinis (1 tahun) dan pelatihan khusus Post-Doktor dalam neuropsikologi klinis. Seperti Post-Doktor pelatihan (yaitu Fellowship / Residensi) saat ini berkisar antara 2 hingga 4 tahun. Neuropsychologists menggunakan model hubungan otak-perilaku untuk menentukan apakah fungsi neurobehavioral diharapkan berbeda dari normal, atau telah berubah menjadi gelar yang konsisten dengan penurunan nilai. Hubungan seperti itu ditunjukkan melalui penafsiran kinerja yang berasal dari berbagai prosedur penilaian khusus.

Dengan demikian, domain dari neuropsychologists diungkapkan fungsi otak: misalnya, penalaran / pemecahan masalah, belajar / proses mengingat, perhatian selektif proses konsentrasi, persepsi, sensasi, proses bahasa, dikontrol / proses gerakan diarahkan. Serial neuropsikologi ujian dapat digunakan untuk memantau memburuknya kinerja neurobehavioral (seperti dengan dementing gangguan) atau untuk memonitor meningkatkan fungsi neurobehavioral (seperti yang selama pemulihan setelah cedera otak diperoleh atau sebagai respons terhadap intervensi farmakologis atau pembedahan). Beberapa neuropsychologists, yang mengkhususkan diri pada masa kanak-kanak gangguan neurodevelopmental dan diakuisisi, spesialis dalam program pembelajaran yang berbeda, pengembangan perilaku dan sosial yang hasil dari perubahan genetik, bawaan, dan diperoleh dalam struktur dan fungsi otak anak-anak.

Apa yang membedakan neuropsychologist klinis dari psikolog klinis lainnya adalah pengetahuan luas tentang otak, termasuk pemahaman tentang bidang-bidang seperti: neuroanatomy, neurobiologi, psychopharmacology, penyakit saraf atau cedera, penggunaan tes neuropsikologi untuk secara akurat menilai defisit kognitif, dan manajemen , pengobatan dan rehabiliation cedera otak dan gangguan neurocognitively pasien.

Neuropsychologists klinis yang telah memperoleh pelatihan yang dibutuhkan untuk praktek di khusus ini dapat diidentifikasi dengan sertifikasi papan mereka. Amerika Dewan Klinik neuropsikologi, Dewan Amerika Profesional neuropsikologi, dan Dewan Amerika Pediatric neuropsikologi semua papan penghargaan sertifikasi untuk neuropsychologists yang mendemonstrasikan kompetensi dalam bidang tertentu neuropsikologi dengan menuntut review pelatihan neuropsychologist, pengalaman, menyerahkan kasus contoh ,dan kedua tertulis dan ujian lisan.

Neuropsychologists klinis melakukan sejumlah tugas, biasanya dalam suatu pengaturan klinis. Mereka sering terlibat dalam melaksanakan penilaian neuropsikologi untuk mengetahui kemampuan kognitif seseorang, biasanya setelah semacam cedera otak atau gangguan saraf. Hal ini mungkin untuk tujuan perencanaan perawatan, untuk menentukan fungsi neurokognitif seseorang atau kapasitas mental (sering dilakukan untuk presentasi sebagai bukti dalam kasus pengadilan atau proses hukum) atau untuk mendeteksi perubahan yang dari waktu ke waktu.

Caseload khas neuropsychologist klinis mungkin termasuk orang dengan cedera otak traumatis (TBI), kecelakaan serebrovaskular (CVA) seperti stroke dan pecah aneurisma, tumor otak, ensefalitis, epilepsi gangguan kejang /, dementias, penyakit mental (misalnya skizofrenia), dan lebar berbagai gangguan perkembangan, termasuk attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), ketidakmampuan belajar, autis dan sindrom Tourette.

Pelatihan klinis neuropsychologists sudah termasuk metode psikoterapi dan konseling. Mereka juga dapat memberikan layanan terapi untuk pasien yang membutuhkan pendidikan dan dukungan emosional tentang luka atau penyakit saraf. Dalam dua Amerika Serikat (New Mexico dan Louisiana) dan Wilayah Guam, klinis neuropsychologists (serta generalis psikolog klinis) yang lengkap postdoctoral pelatihan tambahan dalam psychopharmacology klinis dan lulus ujian nasional dapat resep obat psikotropika.

Banyak klinis neuropsychologists dipekerjakan oleh sekolah kedokteran dan rumah sakit, terutama neurologi, psikiatri, dan fasilitas rehabilitasi. Beberapa pekerjaan dalam praktek swasta. Mereka sering aktif mengajar di tingkat universitas dan melakukan penelitian ke berbagai isu tentang hubungan manusia otak-perilaku. Beberapa neuropsychologists klinis juga dipekerjakan oleh perusahaan farmasi untuk membantu mengembangkan dan menguji alat penilaian neuropsikologi untuk digunakan dalam uji klinis.

Praktek neuropsikologi kognitif dan neuropsychiatry kognitif melibatkan mempelajari efek kognitif dari cedera atau sakit untuk memahami fungsi psikologis normal. Karena kontak mereka sehari-hari dengan orang-orang dengan kerusakan otak, neuropsychologists klinis banyak aktif dalam bidang penelitian.