Berikhtiar sekeras mungkin dengan azzam yang kuat, meraih seribu cita yang telah tersusun dalam barisan tulisan dan barisan doa..

Man Jada Wajada, semangat meraih asa yang telah dipupuk menjadi khoiru ummah.

“Allah, aku tahu bahwa Kau tidak akan merubah keadaan suatu kaum melainkan kaum tersebut yang mengubahnya.. Allah, kini aku tersadar berapa banyak waktu yang terbuang, sudah berapa jumlah waktu yang terbuang sia-sia untuk tidur lelapku hingga aku melupakan semua cita, bahkan melupakan adanya Engkau yang Maha Kuasa. Astaghfirullaahal’adziim.. Engkaulah Maha Pendengar, kuatkan aku dalam ikhtiarku, tetapkan azzam ini menyemangati diri untuk terus berkembang, dan jangan Kau ubah hatiku untuk berpaling dari-Mu, tetapkan aku menjadi jundiyahMu yang berjuang di jalan dakwah. Karena yang kuinginkan berada di istana terindah kekelan-Mu. Aamiin.”